Maroon5 Ft. Wiz Khalifa-Payphone

Monday, August 20, 2012

STOP BULLYING!!


Menurut kamus besar bahasa Indonesia “bullying” ialah intimidasi. Bentuk tindakan seperti menggangu, menyakiti, melecehkan yang dilakukan sengaja atau tidak sengaja, terencana, dapat bentuknya terus menerus terhadap seseorang atau sekelompok orang.
Marak terjadi kasus bullying di antara anak-anak serta kebanyakan terjadi justru di lingkungan sekolah. Bullying dapat mengubah kegiatan di sekolah yang awalnya menyenangkan, belajar sambil berteman, menjadi menakutkan bahkan mimpi buruk bagi mereka.
Padahal tahukah anda, Perlindungan Anak sudah diatur dalam Pasal 54 UU No. 23 Tahun 2002 isinya : “Anak di dalam dan dilingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah  atau teman - temannya di dalam sekolah yang bersangkutan atau lembaga pendidikan lainnya”.
Maka dapat disimpulkan bahwa bullying terbagi menjadi 3 kategori yaitu :
1. bullying Verbal yaitu, memaki, mengejek, menggosip, membodohkan dan mengkerdilkan
Contohnya mengeluarkan kata-kata kasar ataupun menggossipkan teman.
1. Physical, yaitu ; memukul, menampar, memalak atau meminta paksa yang bukan miliknya, dan juga pengeroyokan
Contoh : Biasanya terjadi ketika pemimpin genk mengajak teman-teman genknya  untuk memalak, merebut sesuatu yang bukan miliknya, memukuli teman sekolah yang dianggap menyebalkan, dan lain-lain.
1. Emotional, antara lain :  mengintimdasi, mengecilkan, mengabaikan, mendiskriminasikan
Contoh : Anak2 Genk nakal mengintimidasi teman-teman di sekolah yang lemah
Cara Paling ideal untuk menghadapi bullying adalah
§ Menghentikan perilaku bullying dan menjamin rasa aman bagi korban.
§ Menggiatkan pengawasan dan pemberian sanksi secara tepat kepada pelaku, atau melakukan kampanye melalui berbagai cara.
§ Memasukkan materi bullying ke dalam pembelajaran akan berdampak positif bagi pengembangan pribadi para murid.
Marilah kita bersama-sama katakan Stronger to say no to Bullying, rame-rame kita ber-kawan yuks !!! :D


No comments:

Post a Comment